Resensi

Resensi: Dua Ibu Karya Arwendo Atmowiloto

Judul: Dua Ibu

Penulis: Arswendo Atmowiloto

Jumlah halaman: 304 halaman

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

No. ISBN: 978-602-03-0602-5

Rate: ☆☆☆ bintang


“Dalam kehidupan ada dua macam ibu. Pertama, ialah sebutan untuk perempuan yang melahirkan anaknya. Kedua, ialah sebutan untuk perempuan yang merelakan kebahagiaannya sendiri buat anak orang lain. (Halaman 9)

Berbicara tentang ibu memang takkan ada habisnya. Aku tertarik membaca kisah ini karena judulnya yang membuatku bertanya-tanya. Dua Ibu? Kisah seperti apa? Dan kenapa bisa menjadi karya fiksi terbaik di tahun 1981?

Berbekal aplikasi ijak yang kuunduh lewat playstore, aku akhirnya bisa membaca kisah ini hingga selesai.

Novel ini sebenarnya hanya cerita sederhana yang menggambarkan betapa hebatnya seorang ibu dan dikemas begitu apik oleh penulis. Setiap tokoh mendapat jatah untuk bercerita sendiri, menceritakan betapa pilu hidupnya. Meskipun aku harus berkali-kali merasakan kebingungan, karena cerita setiap tokohnya dibuat sepenggal-penggal. Namun itu tak mengurangi niatku menghabiskan kisah ini.

Ada sosok ibu yang membuatku kagum. Ia adalah perempuan hebat, mengasuh dan membesarkan 9 anak dari keluarga yang berbeda. Tanpa membeda-bedakan kasih sayangnya, bahkan ia rela melakukan apa pun meskipun mengorbankan kebahagiannya sendiri. Demi anak yang bukan anak kandungnya.

Ibu tidak pernah menghendaki pangkat tertentu. Ibu hanya ingin anaknya bahagia.”

Kurasa mungkin ini sifat mulia yang dimiliki oleh semua ibu. Beliau selalu menginginkan kebahagiaan anaknya. Beruntung, aku hanya punya satu ibu. Aku juga merasa beruntung, karena tak merasakan menjadi Mamid yang harus rela berbagi celana sekolah dengan Ratsih. Atau seperti Jamil yang harus ikut truk babi.

Semua kisah mereka bisa kalian baca lewat aplikasi ijak atau ipusnas. Jangan lewat ebook yang ilegal ya. Sampai bertemu di review selanjutnya. Semangat menjalankan ibadah puasa.

#resensibuku #duaibu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s