Resensi

Apa yang Terjadi dengan Semua Ikan di Langit? Ulasan Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie

Sudah pernah membaca Semua Ikan di Langit karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie? Nah, kalau belum, aku sangat merekomendasikan novel ini untuk kalian baca. Simak ulasannya di bawah.

Judul: Semua Ikan di Langit
Penulis: Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie
Penernit: PT Grasindo
Jumlah halaman: 272
Tahun terbit: 2017
No. ISBN: 8786023758067
Media baca: ipusnas

Blurb:
Pekerjaan saya memang kedengaran membosankan-mengelilingi tempat yang itu-itu saja, diisi kaki-kaki berkeringat dan orang-orang berisik, diusik cicak-cicak kurang ajar, mendengar lagu aneh tentang tahu berbentuk bulat dan digoreng tanpa persiapan sebelumnya-tapi saya menggemarinya. Saya senang mengetahui cerita manusia dan kecoa dan tikus dan serangga yang mampir. Saya senang melihat isi tas yang terbuka, membaca buku yang dibalik-balik dikursi belakang, turut mendengarkan musik yang dinyanyikan di kepala seorang penumpang … bahkan kadang-kadang, menyaksikan aksi pencurian.

Trayek saya memang hanya melewati Dipatiukur-Leuwipanjang, sebelum akhirnya bertemu Beliau, dan memulai trayek baru: mengelilingi angkasa, melintasi dimensi ruang dan waktu.

Ziggy, nama penulis yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi. Sebelumnya aku pernah membaca dua karya lainnya yaitu di Tanah Lada dan Jakarta Sebelum Pagi. Dan novel Semua Ikan di Langit ini adalah karya yang paling aku nantikan. Selain rasa penasaran dengan isi ceritanya, aku pun sedikit kesal karena sering kali kehabisan stock saat ingin meminjamnya, dan harus menunggu sampai buku ini ada lagi.

Menurutku novel ini punya sampul yang cukup menarik dan terlihat unik. Sepanjang membaca, aku juga dikejutkan oleh penggunaan sudut pandang yang berbeda dari dua karya sebelumnya. Buku ini menggunakan benda mati: bus damri sebagai pencerita. Sangat asing hingga aku semakin terpancing untuk melanjutkan.

Cerita di mulai dengan bertemunya bus gendut dan karakter Beliau yang digambarkan sebagai seorang anak laki-laki. Uniknya dia selalu dikelilingi oleh ikan julung. Mereka juga bertemu dengan Nad, kecoa pintar. Lalu mereka mulai mengelilingi angkasa bersama-sama.

Mengunjungi kamar paling berantakan di dunia, mendengarkan kata kucing, bertemu bayi-bayi angkasa, mengenal Beliau dan juga bertemu bermacam-macam karakter menarik. Yang kusuka dari novel ini bukan hanya bercerita saja, tetapi diselingi kritikan dan sentilan dengan bahasa Ziggy yang cukup puitis.

Meskipun pada awalnya aku merasakan sedikit bosan ketika membacanya dan cukup berpikir keras. Namun saat cerita mulai berkembang, aku semakin takjub dengan imajinasi Ziggy yang sangat liar dan luar biasa. Memang tidak mudah menuliskan sudut pandang benda mati. Rasanya memang sangat pantas jika novel ini keluar sebagai jawara satu-satunya pada sayembara novel di tahun 2016.

Kalau aku harus memberikan penilaian untuk novel ini, mungkin 4,8 dari 5 bintang adalah nilai yang pantas. Semua Ikan di Langit, kisah ini harus kalian baca. Kalian bisa mendapatkannya di gramedia atau membacanya lewat aplikasi ijak dan juga ipusnas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s